31 Oktober 2008

Apa Sih Pentingnya Kegiatan Ekskul?



Siswa-siswa yang kesulitan mengatur waktu mereka untuk belajar, berteman dan mengerjakan tugas seringkali enggan bergabung dengan kelompok-kelompok di sekolah atau organisasi-organisasi masyarakat di luar urusan akademis mereka. Betul, bahwa kita harus meninjau jadwal kegiatan kita dan berpikir dahulu sebelum bergabung dengan sebuah kelompok kegiatan karena ada kemungkinan bahwa kalau kita terlalu banyak kegiatan ekstra kurikuler akhirnya akan berpengaruh negative terhadap nilai akademis kita.



Namun demikian aktifitas ekstrakurikuler, organisasi-organisasi di sekolah dan kelompok-kelompok di masyarakat tetaplah penting untuk dilibati. Yayasan-yayasan atau organisasi-organisasi yang menyediakan bantuan beasiswa biasanya mempertimbangkan keterlibatan calon penerima beasiswa dalam kegiatan ekstrakurikuler selain nilai akademis mereka.
Dan bukan hanya itu, ketika anda lulus dari sekolah/kuliah dan mulai mencari pekerjaan, resume anda akan terlihat lebih baik jika anda terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler atau menjadi anggota suatu organisasi. Sebagian besar lulusan baru tidak memiliki pengalaman kerja sehingga keanggotaan anda dalam sebuah kelompok kegiatan di sekolah dapat dijadikan sebagai bukti potensi anda.



Dan apakah anda tahu mengapa yayasan-yayasan pemberi beasiswa dan bahkan pemilik perusahaan mempertimbangkan prestasi tersebut? Karena kapasitas setiap orang dapat diukur melalui keterlibatannya dalam kehidupan sosial masyarakatnya. Siswa-siswa dengan nilai yang bagus dan terlibat dalam kelompok kemasyarakatan lebih mungkin memiliki sikap tanggung jawab dan komitmen yang tinggi. Anda juga meninggalkan kesan bahwa anda dapat mengatur segala sesuatu dan menjadi pengambil keputusan yang baik jika anda terlibat dalam kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler.



Jadi, jika anda berusaha untuk mendapatkan beasiswa, bergabunglah dengan beberapa kelompok di sekolah dan paling tidak satu kelompok di masyarakat. Ini akan memperbesar kesempatan anda terpilih sebagai penerima beasiswa. Dan ketika anda kuliah, lanjutkan hal yang sama karena ini akan menjadi asset anda dalam membangun karir Anda.


Tidak ada komentar: